Sabtu, 10 Juli 2010

15 (lima belas) komponen konseptual pokok komunikasi

Berikut adalah gambaran mengenai kelima belas komponen tersebut disertai contoh-contoh definisinya.

1. Simbol-simbol/verbal/ujaran

komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal, (Hoben, 1954)

2. pengertian/pemahaman

komunikasi adalah suatu proses dengan mana kita bisa memahami dan dipahami oleh orang lain. komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku (Anderson, 1959).

3. interaksi/hubungan/proses sosial

Interaksi, juga dalam tingkatan biologis, adalah salah satu perwujudan komunikasi, karena tanpa komunikasi tindakan-tindakan kebersamaan tidak akan terjadi (Mead,1963)

4. Pengurangan rasa ketidakpastian

Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego (Barnlund, 1964)

5. Proses

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain, melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain (Berelson dan Steiner, 1964).

6. Pengalihan/penyampaian/pertukaran

Penggunaan kata komunikasi tampaknya menunjuk kepada adanya sesuatu yang dialihkan dari suatu benda atau orang ke benda atau orang lainnya. kata komunikasi kadang-kadang menunjuk kepada apa yang dialihkan, alat apa yang dipakai sebagai saluran pengalihan, atau menunjuk kepada keseluran proses upaya pengalihan. dalam banyak kasus, apa yang dialihkan itu kemudian menjadi milik atau bagian bersama. oleh karena itu komunikasi juga menuntut adanya partisipasi (Ayer, 1995)

7. Menghubungkan/menggabungkan

Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dalam kehidupan dengan bagian lainnya (Ruesch, 1957)

8. Kebersamaan

Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih (Gode, 1959)

9. Saluran/alat/jalur

Komunikasi adalah alat pengiriman pesan-pesan kemiliteran/order, dan lain-lain, seperti telegraf, telepon, radio, kurir, dan lain-lain (American collage dictionary)

10. Replikasi memori

komunikasi adalah proses yang mengarahkan perhatian seseorang dengan tujuan mereplikasi memori (Cartier dan Harwood, 1953)

11. Tanggapan diskriminatif

Komunikasi adalah tanggapan diskriminatif dari suatu organisme terhadap suatu stimulus (Stevens, 1950)

12. Stimuli

Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai sebagai penyampaian informasi yang berisikan stimuli diskriminatif, dari suatu sumber terhadap penerima (Newcomb, 1996)

13. Tujuan/kesengajaan

komunikasi pada dasarnya penyampaian pesan yang disengaja dari sumber terhadap penerima dengan tujuan mempengaruhi tingkah laku pihak penerima (Miller, 1996)

14. Waktu/situasi

Proses komunikasi merupakan suatu transisi dari suatu keseluruhan struktur situasi yang lain sesuai pola yang diinginkan (Sondel, 1956)

15. Kekuasaan/kekuatan

Komunikasi adalah suatu mekanisme yang menimbulkan kekuatan/kekuasaan (Schater, 1951)

sumber: Sendjaja, S. Djuarsa, Teori Komunikasi, Universitas Terbuka, Jakarta, 2004 (hal 1.20-1.22)

1 komentar: