Senin, 12 Juli 2010

presenter

Pada dasarnya, presenter adalah pembawa acara. Ia yang membawa sebuah acara kepada tujuannya. Ia yang menggiring peserta acara untuk mencapai tujuan itu. Ia berkuasa atas acara yang dibawakannya. Tak diijinkannya penyimpangan acara yang melenceng dari tujuan. Tak diperkenankannya upaya-upaya untuk mengalihkan perhatian dari tujuan.
Dulu, pembawa acara dikenal dengan sebutan master of ceremony (MC). Kita mengenal MC kondang seperti Kus Hendratmo atau Kris Biantoro. Mereka dikenal karena gayanya yang khas tempo dulu. Berpakaian jas lengkap dengan setelannya.
Ada lagi kita mengenal istilah host. Lazim dimengerti, sejatinya host sejatinya host adalah tuan rumah. Jadi, host dalam acara-acara adalah dia yang memerankan diri sebagai tuan rumah. Ia yang memepersilahkan orang masuk, mempersilahkan duduk, menyediakan hidangan, mengarahkan pembicaraan, dan mengendalikan orang-orang itu sampai pada saat ia menghendaki mereka pergi (Kunto, 2007: 17-18).


Menurut Larry King (2009 :63) Ciri-ciri pembicara/presenter yang baik adalah

a. Mereka memandang suatu hal dari sudut pandang yang baru

b. Mereka mempuyai cakrawala yang luas

c. Mereka antusias, menunjukkan minat besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka, maupun pada apa yang Anda katakan pada kesempatan itu.

d. Tidak pernah membicarakan diri sendiri

e. Mereka sangat ingin tahu. Mereka bertanya, “Mengapa?” mereka ingin tahu lebih banyak mengenai apa yang anda katakan. Mereka menunjukkan empati. Mereka berusaha menempatkan diri mereka pada posisi Anda untuk memahami apa yang anda katakan
f. Mereka mempunyai selera humor


g. Mereka punya gaya bicara sendiri

Tugas dan tanggung jawab presenter


Pada dasarnya tugas adalah pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang. Dalam hal ini presenter memiliki beberapa tugas di antaranya yaitu membawakan acara televisi sesuai dengan apa yang telah di rundownkan oleh produser dan tim kreatif, mampu membawa suasana agar audiens tetap tertarik dengan tayangan yang disajikan. Memberikan contoh yang baik kepada audiens, karena disaksikan oleh audiens atau khalayak luas.

Menurut Sony Tulung (2007:10), presenter memiliki beberapa tugas antara lain:
a. Bertugas mengantarkan dan membawakan mata acara siaran baik radio atau televisi dan bertanggung jawab atas kelancaran acara yang berlangsung.


b. Memberikan narasi pada saat pembukaan dan penutupan, siaran yang diproduksi oleh stasiun televisi setempat.

c. Menyediakan setiap saat sebagai inview dan membacakan naskah siaran.

Jadi, presenter bertugas membawakan sebuah program acara dan menyampaikan pesan yang terdapat pada sebuah narasi dan isinya tanpa mengurangi makna pesan tersebut. Selain itu, presenter adalah ujung tombak keberhasilan sebuah berita atau acara. Kegagalan suatu program dapat dilihat dari cara presenter membawakan program tersebut.
Tugas presenter tidak dapat dirangkap untuk kehidupan lain atau pikiran lain, ia harus tetap menampilakn sura yang jernih, segar dan mengembirakan, meskipun hatinya remuk redam. Ia harus menampakan wajah berseri, senyum manis dan gayanya yang anggun, sekalipun sedang dilanda seribu satu macam kesulitan hidup, manakala ia sudah berhadapan dengan kamera dan mikrofon. Disitulah letak keunikan profesi presenter, berat tapi mulia.
Selain sikap profesional yang dituntut ada dalam performance seorang presenter, penampilannya di depan kamera juga tidak lepas dari dukungan proses manajemen yang menggawangi sebuah proses produksi, di mana seluruh kru yang terlibat merumuskan konsep perencanaan hingga pelaksanaan produksi program. Seorang presenter harus bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, disamping itu ia harus juga mempunyai tanggung jawab moril kepada masyarakat atas acara yang ia bawakan, misalnya ia juga harus bersikap sesuai dengan etika yang berlaku, tidak mengeluarkan kata-kata yang dianggap tidak sesuai dan berbau unsur hara. Jika dalam proses produksi ia harus melakukan kesalahan, maka seorang presenter harus secepat mungkin untk mengklarifikasikan kesalahan tersebut agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan sesuai dengan acara yang diusungnya.

1 komentar: